Pergaulan di Internet

Pergaulan di internet menurutku tidak beda jauh seperti pergaulan di dunia nyata, kita mengenal fbook, twit, igram, dan lain-lain. Jika kita bergaul di igram tentu kita sering melihat dunia photography, banyak orang yang memposting photo-photonya, kita akan tertarik dengan dunia photography, misalnya jadi pengen beli camera profesional buat foto-foto karena sering lihat foto orang lain. Jika di dunia Blogging kita akan melihat orang yang berkecimpung dalam dunia tulis menulis, jika kita sering bergaul di dunia blogging maka lama-lama kita bisa ikut tertarik ke dalam dunia tulis menulis, karena di sana banyak orang yang suka menulis. Jika kita bergaul di dunia twit maka bisa jadi kita akan tertarik ke dalam dunia seperti chat gitu, ngobrol dan ngobrol di sana. Jika kalian bergaul di dunia fbook maka kalian bisa menilai sendiri seperti apa kehidupan di sana.

Sekarang kalian mau jadi apa?. pengen jadi penulis?. maka kalian harus banyak bergaul di dunia blogging menurutku, mulai kurangi aktifitas social media yang lain, dan aktif lah di blogging, aku pun seperti itu, aku sedang berusaha untuk bisa fokus menulis di blogging, walau pun masih belajar yang penting, belajar dan terus belajar, semoga saja aku bisa menghasilkan tulisan yang sangat bermanfaat.

Kalo kita terlalu banyak fokus di sana-sini justru kita jadi keteteran, mau dibawa ke mana mau jadi apa?. lebih baik fokus, kalo diibaratkan spesialis lah. Coba bayangkan kalo sejak sekarang kita putuskan, aku sepertinya punya bakat menulis, maka sekarang aku putuskan buat aktif blogging, ONE DAY ONE POSTING, mungkin 1 tahun kemudian kita udah terkenal di dunia blogger, yang lebih asiknya lagi kalo kita dengan kreatifitas kita bisa menghasilkan uang lewat blogging di internet, banyak cara menghasilkan uang lewat blogging, saran aku bikin merk sendiri, jual produk sendiri, atau jadi pembicara yang diundang ke sana ke mari, kan asik, hobi dibayar itu yg paling asik. Udah kalo kamu punya bakat nulis, fokus nulis aja, lupakan social media yang lain kalo perlu jadikan social media sebagai promosi blogger aja, buat yang suka update status, coba aja update status yang dikembangkan sehingga panjang lebar ke sana ke mari, kalo perlus update status sesering mungkin di blogger, biar lama-lama bisa hilang kebiasaan menghabiskan waktu di social medianya.

Putuskan lah dari sekarang kalian mau fokus di dalam dunia apa, kemudian fokus lah di sana, jangan sampai kalian menyesal karena telah menghabiskan waktu untuk sesuatu yang kurang berharga, ingat waktu itu sangat lah berharga, manfaatkan lah seefektif mungkin, hindari lah membuang-buang waktu untuk sesuatu yang kurang bermanfaat.

Saran buat yang suka nulis, FOKUS nulis di BLOGGER, aktif di blogging aja terus, udah itu social medianya "ASAL PUNYA AJA" yg penting gak ketinggalan zaman.

Hati-hati bergaul di internet, kita harus pintar-pintar menghadapi perkembangan teknologi.

No comments: