Resep Nasi Goreng Kedai

Aku pernah kerja di kedai warung makan, aku pernah lihat bumbu apa saja yang dimasukkan, pernah jadi cook helper sampai masak nasi goreng di sana... Semoga resep ini bermanfaat buat yang lagi menganggur punya rencana buka usaha jualan nasi goreng, dari pada nganggur mungkin bisa jadi pertimbangan kalo mau buka nasi goreng gerobakan. Aku pernah kerja di kedai katanya bosku itu mantan Executive Chef jadi kayaknya nasi gorengnya juga terjamin. Aku pun memodifikasi resepnya sedikit yang menurutku lebih baik. Langsung aja deh resepnya...

Resep Nasi Goreng untuk 1 Piring
Sediakan Nasi 3/4 Matang
Telur
Kecap Manis
Kecap Asin
Saos Tomat
Saos Tiram
Bawang Merah & Bawang Putih yang sudah diblender dan di kasih air sedikit.
Penyedap Rasa Masa**/Roy**
Toping (baso, sosis, dll...)
Minyak Goreng
Sayur (Wortel, Saosin, atau sesuai selera)

Cara Memasak
1. Siapkan Nasi Putih 3/4 matang, sayur saosin, wortel yang telah di iris.
2. Masukan minyak dan panaskan wajan, gunakanlah kompor high preasure bukan kompor biasa agar hasilnya maksimal.
3. Setelah panas masukkanlah bawang merah dan bawang putih yang sudah diblender dan dikasih air sedikit.
4. Setelah tercium bau wangi dari bawang putih yang ditumis lalu masukkan lah telur, goreng lah hingga 3/4 matang lalu kocek secepatnya seperti membuat telur dadar di atas wajan, setelah semuanya hancur masukkan lah sayurannya lalu sosis atau baso sesuai selera.
5. Setelah semuanya cukup matang lalu masukkan lah nasi putih kemudian kocek hingga merata semuanya.
6. Setelah semuanya teraduk dengan rata dan nasi pun dirasa telah cukup matang lalu masukkan lah kecap manis, saos tomat, kalo yang asin-asin itu terakhir aja menurutku bagusnya.
7. Setelah semuanya teraduk dengan baik lalu kecilkan api dan masukkan lah saos tiram, kecap asin, garam, dan penyedap rasa. Lalu aduk hingga merata.
8. Pindahkan nasi goreng dari wajan ke piring.
8. Nasi Goreng siap dinikmati.

*Tambahan pada saat nasi goreng telah masuk ke dalam wajan maka mainkan lah apinya yang besar dengan nyala api kompor high preasure, atur lah nyala api jangan ke kecilan nyalanya agar hasilnya maksimal hanya setelah akan memasukkan bumbu-bumbu yang asin nyala apinya kecilkan karena menurutku rasa asin bisa kurang terasa dengan nyala api yang besar, menurutku rasa asin bisa melemah dengan nyala api yang powerfull.

Aku sudah punya pengalaman di kedai yang menyediakan nasi goreng jadi resepnya sudah teruji.
Semoga bermanfaat.

No comments: